Monday, September 19, 2011

Exotica Kota Sorong, West Papua-Indonesia

Kota Sorong, Papua Barat - Indonesia (sebelumnya dikenal dengan Kota Administratif Sorong dalam Kabupaten Sorong; sesuai instruksi Presiden Republik Indonesia 4 Oktober 1999 – UURI No 45). 

Topografi Kota Sorong variatif dengan pegunungan, lereng, perbukitan dan dataran rendah. Bagian timur dikelilingi hutan lindung dan hutan wisata. Letak Kota Sorong sangat strategis karena merupakan pintu keluar masuk Provinsi Papua dan kota persinggahan.

Selat Dampir (Dampir Srait) adalah salah satu wilayah konservasi laut yang sangat kaya di Papua Barat karena daerahnya mengandung Seabiotics (diantaranya; Mercury, Nutrisi & Omega-3) yang sangat berguna untuk kesehatan dan dapat mengurangi rasa sakit penderita penyakit diabetes, kanker, asma serta dapat menstimulasi sel darah putih manusia, memperbaiki sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, mengurangi resiko stroke, gangguan penyakit radang sendi, debiliating anxiety, dsb.

*Norwegia adalah negara penghasil seabiotics yang terkenal di dunia, produk-produk suplemen nutrisi atau likuid lainnnya dijual di berbagai negara.
resort - www.rajaampatlodges.com
Selain Selat Dampir dan atraksi memberi makan ikan di kepulauan Raja Ampat yang ‘sangat’ terkenal itu, terdapat pula wisata alam lainnya, seperti:

Pulau Kafiau                                   Snorkling
Pantai Kasuari/ white sand beach      Snorkling
Pulau Buaya (pantai pasir kuning)     Fishing
Pulau Matan                                  Fishing
Mata Air Panas Klaijili (makbon)     Geyser/ watering place          

Kota Sorong memiliki potensi wisata yang dapat dikembangkan karena terdapat perpaduan peninggalan sejarah, keaslian alami dan keunikan Kota Sorong yang memiliki kota dengan pemandangan laut serta perpaduan panorama bentangan alam gugusan kepulauan.

PENDIDIKAN ALTERNATIF UNTUK ANAK-ANAK DI RAJA AMPAT

Belantara Papua melaksanakan program ”Pendidikan Alternatif Untuk Anak-Anak di Teluk Mayalibit, Raja Ampat”, tepatnya di Kampung Arawai, Waifoi, dan Warimak. Program ini bekerjasama dengan Dinas Kesejahteraan Sosial dan Pengembangan Masyarakat Provinsi Papua Barat dan UNDP.

Saat ini telah terbangun 3 buah sanggar belajar di 3 kampung di atas, dengan masing-masing dijaga oleh 2 orang fasilitator lokal laki-laki dan perempuan. Dalam proses pembelajaran, digunakan media-media kretaif, dengan metode partisipatoris, dan menggunakan alam lingkungan sekitar sebagai sumber belajar utama. 
Alternative Education in West Papua-Indonesia
Belantara Papua menggunakan seni budaya sebagai alat belajar utama, untuk mendorong anak-anak mengenali jati dirinya, belajar berekspresi, dan menghargai lingkungannya.

Source : www.karantinapertaniansorong.org, www.regionalinvestment.com, www.hukumonline.com/pusatdata, www.belantarapapua.org
Photo by www.rajaampatlodges.com, www.belantarapapua.org